Jumat, 16 Oktober 2009

Artritis Pada Anjing

Artritis pada anjing adalah suatu penyakit kronis yang biasanya terjadi pada anjing setengah tua dan tua. Pada artritis terjadi peradangan pada sendi dan biasanya disertai dengan rasa sakit, bengkak, kaku pada sendi. Penyebab dari arthritis yang paling umum adalah usia tua (Aging) dan karena adanya suatu struktur persendian yang tidak normal misalnya Hips Dysplasia. Dalam kondisi tersebut Artritis juga disebut dengan nama Degenerative Joint Disease. Penyebab lain dari arthritis adalah karena trauma, infeksi, kelainan metabolisme, dan sebab-sebab lainnya.

Rata-rata usia dimana mulai muncul arthritis berbeda beda tergantung dari ukuran anjing. Makin besar ukuran anjing maka akan semakin cepat menampakkan gejala arthritis. Anjing ras kecil yang memiliki berat tubuh dibawah 5 kg biasanya tidak akan menampakkan gejala arthritis sebelum mereka berusia 9 tahun. Anjing dengan berat tubuh antara 5-15 kg menampakkan gejala pada usia 8 tahun, berat badan 15-30 kg pada 7 tahun, 30-40 kg pada usia 6 tahun, dan anjing diatas 40 kg pada usia 5 tahun.



Stadium dari arthritis dapat dibedakan menjadi 4 stadium:
Stadium pertama: anjing kadang mengalami pincang dan sulit menaiki tangga atau malompat ke tempat yang lebih tinggi.
Stadium kedua: anjing mengalami kesakitan pada satu atau beberapa kaki setelah berjalan jauh/exercise, dan mengalami kesulitan bangun setelah berada dalam posisi tidur/istirahat. Anjing mengalami kesulitan melompat, dan kesakitan bila menaiki tangga. Dapat terlihat pengurangan masa otot pada daerah paha.
Stadium ketiga: Anjing sangat kesakitan setelah exercise, dan kadang tidak sanggup untuk bangun setelah posisi istirahat. Anjing tidak dapat melompat dan sangat sulit untuk menaiki tangga. Nampak pengurangan masa otot yang banyak pada daerah paha.
Stadium keempat: anjing tidak dapat bangun tanpa bantuan dan tidak dapat berjalan atau melakukan aktivitas normal.

Gejala umum dari semua stadium tersebut adalah anjing menjadi tidak aktif dan murung, yang lama-kelamaan akan berpengaruh pada kesehatan pada umumnya, di mana aktivitas harian anjing seperti bermain dan berlarian tidak dapat dilakukan dengan baik.



Apa yang dapat dilakukan untuk menangani arthritis?


Sama dengan kondisi aging/degeneratif lainnya, artritis tidak dapat disembuhkan. Yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan pengobatan/terapi sedini mungkin agar mencegah progress penyakit ini berjalan ke tahap yang lebih serius.

Pada dekade yang lalu pengobatan dari arthritis masih terbatas pada pemberian obat-obatan anti inflamatori/antisakit yang ditujukan untuk menekan rasa sakit sehingga anjing dapat kembali beraktivitas normal. Sayangnya, pemberian anti sakit saja tanpa disertai dengan supplement/obat-obatan lain hanya menghilangkan rasa sakit/gejala untuk sementara. Anjing tidak merasakan sakit lagi sehingga mereka terinduksi untuk melakukan exercise dengan keadaan sendi yang tidak baik dan tidak dilengkapi dengan cairan sinovial yang memadai, sehingga pada akhirnya dapat memperparah kondisi dari sendi tersebut sendiri.



Dengan perkembangan industri obat-obatan sekarang ini telah banyak sekali supplemen yang beredar dan dapat sangat membantu kondisi Artritis. Beberapa diantaranya adalah sebgai berikut:
Glucosamin HCl dan Chondroitin Sulfat. Kedua jenis suplemen ini biasanya tergabung menjadi 1 tablet. Suplemen ini merupakan suplemen utama yang paling banyak digunakan untuk arthritis. Kedua suplemen ini menstimulasi perbaikan dari tulang rawan yang rusak karena arthritis. Sebaiknya memilih merk berkualitas baik dan tidak menggunakan suplemen untuk manusia, karena kadang ada beberapa aditif yang tidak sesuai untuk anjing.
Herbal medicines / obat-obatan dari tumbuh-tumbuhan. Beberapa dari mereka dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan pada arthritis serta mempermudah pergerakan sendi.
Ester C adalah vitamin C yang tidak bersifat asam bagi lambung, dan dapat membantu untuk mengurangi gejala arthritis dengan memperbaiki struktur jaringan kolagen. Selain itu bersifat antioksidan yang meningkatkan daya tahan tubuh anjing tua. Produk yang ditujukan untuk manusia dapat digunakan pada anjing.
Omega 3 fatty acid. Berasal dari minyak ikan, suplemen ini sudah sejak lama digunakan untuk menjaga kesehatan pada anjing2 tua, dan bersifat anti peradangan dengan menghambat aktivitas radang dari Prostaglandin.
Perna Canaliculus adalah kerang hijau/ Green Lipped Mussel dari New Zealand, yang mengandung banyak omega 3 dan 6, dan bekerja sangat baik untuk mengurangi rasa sakit pada Artritis.

Pemilik anjing dapat memilih salah satu dari suplemen tersebut atau menggunakan gabungan beberapa dari mereka, tergantung dari kondisi anjing yang bersangkutan. Namun harus diingat karena suplemen tersebut bersifat natural/nutraceutical maka hasil baru akan nampak perlahan-lahan secara bertahap, kurang lebih setelah 3 minggu-1 bulan penggunaan.

Selain dari pemberian suplemen, sangat penting bagi pemilik anjing untuk menjaga berat badan anjing di kisaran normal/ideal, karena arthritis diinduksi dan diperparah dengan kondisi anjing yang overweight. Untuk meningkatkan kesehatan anjing tua dan menjaga agar berat badan berada dalam kisaran ideal adalah dengan memberikan makanan khusus dengan formulasi senior. Sebaiknya memilih produk dengan kualitas premium dan super premium. Beberapa produk dog food sudah membuat formulasi khusus untuk memelihara kesehatan persendian.

Exercise penting untuk tetap dilakukan, namun lebih baik dilakukan dengan teratur dan tidak terlalu berat. Exersice yang teratur dan gentle akan merangsang pembentukan cairan sinovial yang dibutuhkan untuk aktivitas sendi, dan membuat anjing selalu berada dalam mood yang baik sehingga secara keseluruhan akan meningkatkan kesehatan anjing senior/tua.

Pada tahap arthritis yang lebih serius maka suplemen herbal dan nutraceutical saja mungkin tidak akan cukup untuk meredakan gejala arthritis. Obat-obatan anti sakit dan anti radang dapat diberikan sesuai kebutuhan/sesekali bila anjing mengalami rasa sakit. Beberapa dari mereka yang sudah banyak digunakan adalah Carprofen (Rimadyl) dan Meloxica (Metacam). Penggunaan agen anti sakit untuk jangka waktu yang panjang harus selalu dimonitoring oleh dokter hewan. Berdasarkan pengalaman praktek kami penggunaan nutraceutical yang digabungkan dengan anti radang konvesional akan menunjukkan hasil jauh lebih baik dibandingkan hanya menggunakan obat-obatan anti radang saja. Beberapa agen anti sakit natural misalnya Duralactin sudah beredar di pasaran namun kami belum pernah mencoba menggunakan.

Bila keadaan arthritis anjing sudah sangat lanjut maka terapi dengan injeksi dapat dilakukan. Obat yang sudah beredar di pasaran adalah Adequan ( Glycosaminoglycan Polysulfate) dan Cartrophen (Pentosan Polysulfate) yang keduanya bersifat Chondroprotective agents (menstimulasi pembentukan tulang rawan). Dokter hewan dapat memberikan injeksi ini dengan melakukan pemeriksaan kesehatan anjing terlebih dahulu, karena ada beberapa hal yang perlu diketahui, misalnya kondisi pembekuan darah, parameter hati dan ginjal, dll.

Alternatif terapi lainnya adalah dengan melakukan terapi akupuntur pada anjing dengan arthritis yang tidak berespon baik hanya dengan suplemen dan anti sakit/radang. Di manca negara akupuntur telah dipraktekkan secara luas untuk membantu anjing dengan arthritis dan hips displasia.

Berdasarkan praktek kami mengambil kesimpulan bahwa arthritis pada anjing tua tetap dapat dikontrol dengan pedeteksian dini, berat badan dan diet yang terjaga, pemberian suplemen yang baik, exersice teratur dan lembut, serta didukung oleh obat-obatan kedokteran hewan konvensional. Dengan usaha kita untuk mengontrol penyakit ini maka sahabat terbaik kita dapat hidup dengan kualitas yang lebih baik untuk mendampingi kita.
Drh. Yulyani dan kawan2
Categories: ,

0 Komentar: