Kamis, 22 Juli 2010

Ayam atau Telur !!!???

Pertanyaan yang selalu muncul ketika membahas tentang "mana yang lebih dulu ayam atau telur??". Pertanyaan ini sudah ada dari dulu dan menjadi pertanyaan paling filosois maupun ilmiah. Tapi kini jawabanya sudah tersedia.

Para ilmuan telah menhklaim memecahkan teka-teki tersebut, dan jawaban mereka adalah ayam. Para peneliti menemukan bahwa pembentukan kulit telur tergantung pada satu protein yang hanya ditemukan di indung telur ayam, artinya telur ada jika berada dalam tubuh ayam.

Protein tersebut adalah ovocledidin 17 atau OC-17 yang bertindak sebagai katalis untuk mempercepat perkembangan kulit telur. Cangkang yang keras yang terbentuk pada kulit telur sangat penting sebagai tempat perlindungan kuning dan putih telur. para ilmuan dari universitas sheffield dan marwick menggunakan super komputer untuk melihat pembentukan kulit telur tersebut.

Protein tersebut mengubah kalsium karbonat menjadi kristal kalsit yang membentuk kulit telur. Kristal kalsit terdapat di berbagai tulang tetepi terbentuk lebih cepet di dalam tubuh ayam yang mampu menghasilkan 6 gram kulit telur setiap 24 jam.

Jadi menurut kalian mana yang lebih dulu "telur atau ayam???"

sumber: http://focus-global.blogspot.com/2010/07/penelitian-mengungkap-ayam-lebih-dulu.html

2 Komentar:

Unknown mengatakan...

Ada ada saja Dr. Asri ini....
Ya dok... Percaya...
Tapi jika ayam duluan, siapa donk yang membuahi telurnya?

asers mengatakan...

namax juga penelitian...percaya atau tidak ya terserah orang yang menanggapix...