Rabu, 24 April 2013

Tanda - Tanda Ayam yang Terserang Virus H5N1 Clade 2.3

Pada bulan februari yang lalu, kita telah di kejutkan oleh kematian itik ataupun bebek secara masal. Dan setelah di memalui pemeriksaan lab, kematian itik-itik tersebut di karenakan oleh infeksi dari virus Flu Burung (H5N1) Clade 2.3 dan menimbulkan dampak kerugian yang sangat luarbiasa.
Sebenarnya virus clade 2.3 sudah lama ada, namun tidak menimbulkan kerugian yang berarti. Itik cenderung tidak menunjukkan gejala-gejala sakit jika terinfeksi oleh virus ini, Namun di perkirakan karena virus flu burung tersebut mengalami mutasi, sehingga itik yang terserang virus ini akan menunjukkan gejala sakit.

Lebih parahnya lagi, virus yang menyerang pada itik tersebut mampu menginffeksi ayam. Angka kematian ayam yang terinfeksi virus H5N1 Clade 2.3 ini sungguh tinggi. Saya baru saja mendapati kasus ayam yang terinfeksi AI clade 2.3 dan ciri-cirinya hampir mirip ND + Gumboro.
  1. Ovarium merah (ada penggumpalan darah)
  2. Tortikolis (leher ayam berputar seperti kasus ND syaraf)
  3. Perdarahan di trakea
  4. Vaskodilatasi (perbesaran vena) di daerah penggantung usus
  5. Ginjal Bengkak 
Ginjal bengkak inilah yang mengakibatkan kematian pada ayam semakin tinggi. Jika kita tidak jeli, maka kesalahan diagnosa dan pengobatan bisa berakibat sangat fatal karena pemberian antibiotik pada kondisi ginjal yang membengkak itu sama saja bunuuh diri.

Untuk mengatasi hal ini, kita hanya bisa berupaya "menekan angka kematian" dengan cara:
  1. Lakukan segera re-vaksinasi menggunakan vaksin AI secara masal.
  2. Tambahkan hexamine (Desinfeksi saluran kemih) dalam minumnya untuk memperbaiki fungsi ginjalnya yang bengkak.
  3. Semprot kandang pagi dan sore menggunakan desinfektan yang mengandung BKC atau jika ingin lebih bagus gunakan iodin sebagai obat semprot. Semprot pagi di bawah jam 10, sore di atas jam 2.
  4. Perbaiki ransum pakannya dengan menggunakan pakan yang berprotein tinggi.
  5. Lakukan biosekuriti yang ketat.
  6. Berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. :D

0 Komentar: