Rabu, 14 Oktober 2009

Cara Mencagah Tertular Flu Babi / Swine Flu / H1N1

Dikutip Dari Blog P. Triakoso (Dosen Saya)

Ada guyonan yang pernah diutarakan seorang teman saya, “apa penyebab swine flu atau flu babi?”. Tanpa pikir panjang saya jawab saja, “virus influenza H1N1″. “Bukan…”, begitu katanya. “Lho,..lalu apa?”, tanya saya. Jawabnya, “B4B1″ alias babi. Itu hanya guyonan saja.

Tapi saya yakin sudah mulai banyak orang yang mengenal flu babi atau swine flu yang disebabkan virus influenza H1N1. Dan tentu saja dengan segala ketakutan yang menyertainya. Banyak pertanyaan tentang penyakit tersebut termasuk apakah flu babi bisa dicegah. Mungkin beberapa tips berikut dapat mencegah atau mengurangi risiko penularan dan penyebaran H1N1.
  1. Secara rutin dan sesering mungkin membasuh tangan.
  2. Usahakan agar tidak memegang daerah wajah (hands off the face). Semua bagian wajah sebaiknya bebas dari sentuhan tangan seperti pipi, dahi terutama bibir, hidung, kecuali untuk kebutuhan yang penting seperti makan.
  3. Berkumur setidaknya 3 kali sehari menggunakan air garam hangat. Dapat juga menggunakan antiseptik mulut seperti Listerine dan semacamnya, bila kurang percaya pada air garam hangat. H1N1 membutuhkan waktu beberapa hari (2-3 hari) setelah inisiasi infeksi pada rongga hidung kemudian melakukan proliferasi dan menimbulkan gejala klinis. Proses berkumur tersebut akan mencegah proses proliferasi virus. Beberapa informasi menyatakan bahwa penggunaan air garam hangat mempunyai efek pada orang yang masih sehat sebagaimana Tamiflu memberikan efek tersebut pada orang yang sakit.
  4. Sama seperti point 3, bersihkan hidung setidaknya sekali sehari menggunakan air garam hangat. Kalau muslim, sebagaimana membersihkan hidung saat wudlu. Sedikit menghirup air kemudian menghembuskannya kuat-kuat. Hal ini dapat membuang virus yang ada di sekitar hidung.
  5. Tingkatkan kekebalan tubuh dengan makan yang sehat, terutama yang banyak mengandung vitamin C. Jika mengkonsumsi supplemen, sebaiknya juga yang mengandung zinc (Zn) selain yang mengandung vitamin C. Karena zinc punya peran penting dalam sistem kekebalan atau imunitas.
Mudah-mudahan beberapa tips tersebut dapat membantu mengurangi risiko atau mencegah penularan virus H1N1 yang sekarang sudah menyebar dimana-mana.



Tapi ada juga guyonan dari tulisan salah seorang teman
Cara mencegah penularan flu babi:
  1. Jangan berjabat tangan dengan babi yang sedang flu (selain akan tertular flu oleh babi, anda juga akan dianggap orang gila)
  2. Jangan berciuman dengan babi yang sedang flu (apalagi yang ini, anda ga mau kan diliat orang sedang berciuman dengan babi)
  3. Cucilah tangan setelah anda bergulat dengan babi di kandang babi
  4. Jangan suka mengucapkan kata babi ke pada orang lain (contoh: babi lu..)Jangan tidur dengan babi
  5. Jangan menerima babi sebagai teman Anda di facebook karena dia dapat mengharvest teman2 Anda di facebook
  6. Jikapun Anda memang memelihara babi, sediakan selalu sapu tangan/tissue untuk babi-babi Anda menutup hidung dan mulutnya bila bersin.
  7. Hindarilah berenang di kolam renang babi, setidaknya untuk saat ini.
  8. Jangan memforward email ini ke babi-babi, dikhawatirkan mereka jadi tau sehingga mencari cara penularan lain
  9. Hindari memakai segala asesori babi (kaos gambar babi, anting2 babi, kalung babi, ikat pinggang sabuk babi, dll), babi-babi yang sedang flu itu mungkin akan mengira Anda adalah simpatisan babi, sehingga kemungkinan mereka akan menyerbu Anda untuk meminta perlindungan karena saat ini banyak yang memburu mereka untuk membunuhnya.
  10. Salah satu yang juga penting adalah agar para babi ngepet untuk segera menyadarkan diri dan kembali ke jalan yang benar sebelum mereka menciptakan varian baru virus tersebut; flu babi ngepet.



Terimakasih Telah Membaca...

0 Komentar: