Senin, 26 Juli 2010

Hewan Langka Indonesia

Indonesia memiliki keanekaragaman flora dan fauna. Bahkan ada beberapa hewan yang ada di indonesia yang sudah mulai langka ditemui contohnya elang laut punggung hitam dan burung jalak bali.
  1. Elang laut punggung hitam (Thalassarche melanophrys) ini setiap tahn populasinya terus menurun dikarenakan secara tak sengaja terjaring oleh mata pancing nelayan dan sering pula ditemukan mati akibat pemakaian pukat penangkap ikan oleh nelayan. Pada tahun 2002 populasinya tinggal 3 juta ekor dan sejak saat itu hewan ini termasuk hewan yang dilindungi.
Elang laut puggung hitam memangsa hewan air berkulit keras seperti kepiting dan udang sebagai pengisi perut. Elang ini juga munyukai ikan dan cumi-cumi. Kalau kesulitan mencari mangsa bangkai dan sampah organik dijadikan sebagai makanan.

  • Jalak Bali ( Lencopsar rotchshildi ), Jalak bali merupakan jenisa hewan yang sangat laku dan diminati di pasar gelap (black market). Jarangnya ditemui dialam bebas membuat harga burung ini sangat mahal, kabarnya seekor jalak bali dihargai tidak kurang dari Rp.15 juta. Kendati hewan ini dilindungi oleh pemerintah tetap saja hewan ini dalam kondisi yang terancam.
Pada tahun 2001 menurot laoporan bali online, hanya ada 7 ekor burung jalak bali yang hidup di Taman nasional Bali barat. Sementara itu, 230 ekor lainnya hidup didalam kandang pembiakan di amerika utara malah di inggris berhasil memelihara 530 ekor jalak bali.

Tentunya masih banyak fauna langka yang ada di indonesia yang masih perlu untuk di lindungi, mari kita lindungi dan lestarikan!!!

Categories: ,

2 Komentar:

ali mengatakan...

Tambah pengetahuan untuk saya. Trims berat dengan infonya

Sigit Prayogo mengatakan...

Okey... Sama2.. Thanx dah mampir....