Rabu, 25 Agustus 2010

Organ Reproduksi Hewan Jantan

Susunan alat kelamin jantan pada umumnya terdiri dari:
  1. Alat kelamin utama yaitu gonad atau testis
  2. Saluran alat kelamin yang terdiri dari epididymis, vas deferens, ampula dan urethra. Kelenjar-kelenjar asesoris yaitu vesikularis, prostata dan bulbourethralis (Cowper) 
  3. Alat kelamin luar yaitu penis, preputium dan skrotum.
Testis dari beberapa spesies hewan agak berbeda dalam hal: Ukuran, bentuk dan lokasinya, walaupun struktur penyusun utamanya sama. Pada kebanyakan mamalia, testis terletak pada daerah pre pubis, merupakan kelenjar tubuler berbentuk bulat lonjong terdapat sepasang.

Testis terbungkus dalam kantong skrotum, dimana dalam skrotum berisi dua lobi testis yang masing-masing lobi mengandung satu testis. Testis dapat menggantung di dalam skrotum secara bebas dengan bantuan korda spermatika yang didalamnya mengandung duktus deferens, pembuluh darah, syaraf serta pembuluh limfe.



Pada keadaan normal, testis berbentuk bulat panjang dengan sumbu memanjang ke arah vertikal. Setelah kulit dibuka (ikut tersayat korium, tunika dartos, tunika vaginalis komunis) testis terbungkus kapsul warna putihmengkilat yang disebut tunika albuginea. Tunika ini mengandung syaraf dan pembuluh darah (pembuluh darah ini terlihat berkelok-kelok)

0 Komentar: